Sabtu, 18 Februari 2012

Wikipedia Telah Kembali


Situs ensiklopedia bebas, Wikipedia akhirnya bisa diakses kembali setelah 24 jam menjalankan aksi blackout. Halaman muka wikipedia akan menampilkan tulisan Thank you for protecting Wikipedia. (We're not done yet)". Ketika diklik, maka keluarlah alasan kenapa akhirnya situs yang kini hadir lebih dari 270 bahasa dengan 82 ribu kontributor aktif, itu kembali beroperasi.

"Terimakasih, masa gelap wikipedia sudah berakhir dan Anda telah berbicara," tulis pernyataan dari alamat situs di wikimediafoundation.org. Dalam aksi penggelapan wikipedia selama 24 jam sejak 18 Januari 2012, 162 juta orang telah membaca menjadi saksi dunia tanpa pengetahuan bebas.

"Jutaan orang telah berbicara dan melawan untuk kebebasan dan keterbukaan internet," kata Wikipedia. Protes wikipedia dengan menggelapkan situsnya tanpa bisa diakses sedikitpun, bukan lah soal uang. Melainkan tentang pengetahuan.

Sebab, situs yang berdiri atas tonggak kebebasan berbagi ini mengedepankan sumbangan pengetahuan yang bisa dinikmati oleh semua manusia. "Kami sangat peduli tentang hak-hak penulis, karena kami juga penulis," ujar mereka.

Sementara undang-undang Anti Pembajakan atau Stop Online Privacy Act (SOPA) dan Protect Intellectual Property Act (PIPA) hingga kini belum berujung di tingkat parlemen Amerika Serikat. Apa yang sudah dijalani wikipedia selama 24 jam kemarin menunjukkan bahwa pengetahuan tak pernah padam. "Ketika wikipedia berkabung dan menjadi gelap, Anda telah mengarahkan energi untuk menghidupkannya, dan kami menyalakan kembali," kata mereka,"Tolong bantu kami tetap bersinar terang."

Kemarin, situs yang berdiri sejak 2001 membuktikan ancamannya untuk menutup halaman situs Wikipedia berbahasa Inggris selama satu hari penuh sebagai bentuk protes terhadap undang-undang anti pembajakan. Bagi sebagian orang, 24 jam mungkin tidak terlalu panjang, namun bagi mereka yang membutuhkan informasi dari Wikipedia penutupan ini bisa sangat merepotkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya Anda.

Silahkan tinggalkan komentar Anda apabila ada yang perlu disampaikan, dan bila ada link yang rusak segara laporkan di kotak komentar ini.