Minggu, 16 Desember 2012

Mengatasi Modem yang Tak Terdeteksi Komputer

Masalah yang sering terjadi ketika kita pertama kali menggunakan Modem, modem hanya berkedip-kedip atau sma skali tidak menyala dan tidak ada respon sama sekali untuk install driver-nya ato respon lainnya.

Kebetulan saya baru mencoba menggunakan Modem, modem yang saya pakai adalah D-Link dan jg sering sangat terjadi pada modem-modem lainnya. Ketika Modem saya colok di laptop yang menggunakan OS Windows7, modem tidak menunjukkan reaksi auto install driver atau tidak sama sekali tanda merespon dari PC. Berbeda ketika saya pakai di PC yang pakai Windows Xp lancar-lancar saja dan tidak ada kendala, mulai dari Install Driver sampai test koneksi internet.

Ok, jika Anda pakai Windows7 atau lainnya dan mengalami problem yang sama dengan saya yaitu modem tidak terdeteksi dan hanya kedip-kedip saja dan tidak ada respon sama sekali, coba ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Klik Start dan masuk ke Devices and Printer.
  2. Lihat jika ada devices modem Anda dan apa devices modem tersebut ada tanda seru berwarna kuning? Jika ada, klik kanan devices tersebut dan pilih Troubleshoot. Masalah selesai.

Jika memang modem Anda tidak terdapat pada Devices and Printer dan tidak terdeteksi sama sekali, lakukan langkah berikut:

  1. Masuk ke Local Disk (C:) -> Windows -> System32 -> LogFiles -> WMI.
  2. Hapus emua file yang berada dalam folder WMI tersebut dan juga file-file yang terdapat dalam folder RtBackup.
  3. Setelah itu masuk Start dan Log Off komputer Anda, saya lebih menyarankan untuk Restart.
  4. Pada saat Windows selesai merestart komputer Anda, silahkan colok kembali modem Anda dengan penuh keyakinan dan tekad yang tinggi. Semoga berhasil. :D

Banyak yang masih mengalami kendala ketika menghapus file dalam folder WMI dan RtBackup. Prinsipnya folder tersebut yang bisa menghapus hanyalah Administrator. Untuk itu cara gampangnya, kita harus masuk ke Windows 7 sebagai Administrator. Ikuti saja langkah berikut :
1. Di windows, Klik START, kemudian ketik CMD, sampai layar menampilkan screen CMD.EXE.
2. Di Command Prompt ketik : net user administrator /active:yes seperti tampilan di bawah :

3. Setelah muncul pesan "The Command Completed Successfully, tutup commant prompt di atas, dan log out Windows 7. Seharusnya di pembukaan Windows muncul pilihan Login sebagai Administrator. Masuk sebagai Administrator, kemudian selanjutnya seperti langkah-langkah di atas, hapus semua file dalam folder RtBackup di Windows\System32\LogFiles.

Moga sukses.

2 komentar:

ampun dehh klo musti ngutak atik system32 takut

software modem saya tidak terdeteksi pada pc/laptop saya .. padahal lampu modem saya menyala ... itu gmna mas ?
truz sudah cobain pada laptop teman saya .. tetapi sama ajah .. software modem tidak muncul/tidak terdeteksi ...

tolong pengarahan nya mas ..
thanks

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya Anda.

Silahkan tinggalkan komentar Anda apabila ada yang perlu disampaikan, dan bila ada link yang rusak segara laporkan di kotak komentar ini.