Rabu, 12 Desember 2012

ePSXe - Emulator Untuk Bermain Game PSX ( PS 1 )


Baru-baru ini jum'at 9 Nopember 2012 ternyata Emulator ePSXe 1.8.0 sudah dirilis. Mari kita segera migrasi ke versi terbaru ini, tenang aja save file dari ePSXe 1.7.0 dapat digunakan pada versi ini. Fitur changedisk juga sudah mantap.

Perubahan yang utama pada versi ini dibandingkan versi sebelumnya antara lain:
  1. Kompatibel dengan game dalam bentuk CD atau versi disk image ( ISO dll ) lebih dari 150 games.
  2. Mendukung input devices yang beragam.
  3. Memory card yang dapat dipindahkan.
  4. Fitur changedisk (pergantian ISO game/CD) sudah fix dan lebih baik.
  5. Mendunkung file SBI subchannel.
  6. Mendukung disc images bertipe PBP.
  7. Mendukung cheat code.


Sayangnya ePSXe untuk Android tidak FREE melainkan aplikasi berbayar dengan harga $3.97.
Untung saja ada om google, dapat deh .apk nya. :D
Langsung ane test di Xperia Neo, berikut SSnya:



Ok, sekarang kita konfigurasi emulator ePSXe 1.8.0 ini. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download ePSXe 1.8.0 disini. Extract ePSXe180.zip. Buka folder ePSXe180, kemudian klik dua kali pada file ePSXe.exe.

2. Pertama kali buka akan otomatis menuju Wizard Guide, kalau tidak maka jalankan wizard guide di menu Config>Wizard Guide. Klik Config >> maka akan muncul error :v

3. Download dulu bios PSX yang di rekomendasikan yaitu SCPH1001.bin, unduh filenya disini. Dan juga plugin untuk emulator ini dari plugin GPU, SPU, CD dan lain sbgai'x, unduh filenya GPU Plugin 1, GPU Plugin 2, GPU Plugin 3, SPU Plugin dan CDR Plugin atau Anda pilih sendiri pluginnya yg menurut Anda cocok disini. Buka kembali ePSXe 1.8.0, klik menu Config > Wizard Guide. Klik Config dan pilih biosnya lalu klik Next >>

5. Pada Configuring the Video ada beberapa pilihan tergantung jenis VGA kita.
  • Pilih Pete OpenGL jika vga anda Nvidia GeForce cards.
  • Pilih Pete D3D jika vga anda ATI Radeon cards.
  • Jika Graphic cards anda diluar dari Nvidia atau ATI maka anda bisa menggunakan salah satu dari pilihan yang ada.

6. Klik Next >>

7. Klik Next >>

8. Klik Next >> jika anda hanya menggunakan keyboard, tetapi jika anda menggunakan joystick maka klik Controller1 untuk setting pad 1 dan klik Controller 2 untuk setting pad 2.

9. Klik Done

10. Selesai, anda sudah bisa menjalankan game PS1.

11. Cara menggunakannya antara lain:
  • Klik menu File > Run CDROM jika anda menggunakan CD PS1
  • Klik menu File > Run ISO jika anda menggunakan image file game PS1, dapat berupa file bertipe .iso, .img, .nrg, .pbp, dll.
  • Klik menu File > Run BIOS jika anda mau melihat, menghapus, atau memindahkan isi dari memorycard.
Berikut tampilan keypad yang digunakan jika menggunakan keyboard sebagai joystick anda:

12. Cara cheat juga sudah ada terpasang di emulator ini. Klik menu Options > Cheat codes

Cheat code tersebut dapat dicari di situs google atau di situs http://hotcheats.com.
Screenshots:


0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya Anda.

Silahkan tinggalkan komentar Anda apabila ada yang perlu disampaikan, dan bila ada link yang rusak segara laporkan di kotak komentar ini.